Monday, October 9, 2017

Mengenal Fridtjof Nansen Sang Petualang Sejati

Fridtjof Nansen


Mengenal Fridtjof Nansen Sang Petualang Sejati, itulah sekilas gambaran mengapa Google memperingati Ulang Tahun ke-156 Fridtjof Nansen untuk mengabadikan jasanya sebagai ilmuwan dan penjelajah ulung.

Siapakah Fridtjof Nansen ? Ia adalah seorang petualang legendaris dunia asal Norwegia. Nansen juga terkenal sebagai perintis penjelajahan area yang tidak dikenal sebelumnya di dunia.

Lahir di Oslo, Norwegia pada tahun 1861, Nansen adalah seorang petualang sejak usia muda. Ia belajar bermain ski lintas alam sebanyak 50 mil dalam satu hari dengan persediaan minimal. Sesekali, Nansen mengajak anjingnya dalam bertualang.

Ia memimpin tim yang membuat perlintasan pertama bagian dalam Greenland pada 1888, menjadikan pulau tersebut tempat ski lintas negara

Cintanya pada dunia luar membuat dia belajar zoologi di Royal Frederick University. Ia terkenal sangat brilian dan menjadi akademisi terbaik di bidangnya. Meski demikian, alam bebas adalah hidupnya. Ia tak betah hanya berada di ruangan hingga akhirnya memutuskan untuk kembali berkelana.

Pada tahun 1888, dia menjadi orang pertama yang memimpin sebuah ekspedisi melintasi daratan Greenland yang tertutup salju. Sekali petualangan di medan es ternyata tidak cukup. Beberapa tahun kemudian, Nansen berusaha menjadi orang pertama yang mencapai Kutub Utara.

Namun saat itu ekspedisi Fridtjof Nansen tidak berhasil. Dia hanya berhasil mencapai garis lintang paling utara dari penjelajah pada saat itu.

0 comments

Post a Comment